Selayang Pandang Kota Kisaran



Kisaran adalah ibukota Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara yang berjarak ± 160 Km dari ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Medan). Kisaran meliputi dua kecamatan yaitu: Kota Kisaran Barat dan Kota Kisaran Timur. Kisaran selain dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatera juga terletak di jalur KA Sumatera bagian utara.
Dengan mempertimbangkan posisi yang lebih strategis, maka pada tanggal 20 Mei 1968, melalui PP Nomor 19 Tahun 1980, ibukota Kabupaten Asahan dipindahkan dari Kota Tanjung Balai ke Kota Kisaran. Status Kisaran sebelumnya adalah kota administratif, yang kemudian dihapuskan menjadi kecamatan biasa pada tahun 2003 karena tidak memenuhi persyaratan peningkatan daerah otonom.

Asal Mula Nama ”Kisaran”
Menurut buku Cerita Rakyat: ”Legenda Kisaran Naga” yang dikarang oleh Bapak. R. Sutrisman, M.E.S.Sos. bahwa nama Kisaran diambil dari sebuah perkampungan yang disebut Kampung Kisaran Naga.
”pada suatu hari hujan turun sangat lebat, petir sambung menyambung, angin topan bertiup sangat kencang, kayu ara dan pohon kelapa di tepi sungai bertumbangan. Sehingga orang-orang kampung pun berhamburan keluar rumah karena takut tertimpa pohon yang roboh . air-air sungai mendadak naik sampai ke bibir sungai. Dalam kepanikan itu tiba-tiba salah seorang warga melihat ada makhluk yang berkisar-kisar di bawah timbunan pepohonan yang tumbang. Dan rumput kelayau pun terkuak seolah-olah ada yang membuka. Ia pun berteriak ”naga berkisar,....naga berkisar.....” orang kampung pun segera mendekati orang yang berteriak tersebut. ”mana ular naganya??” orang yang pertama melihatpun menunjuk ke arah tumpukan pepohonan yang tumbang ”itu........., tengoklah”. Mereka melihat dengan jelas seekor ular besar seperti naga tubuhnya bahkan lebih besar dari pohon durian tua dan sangat panjang. Tubuh ular itu sudah berselimut, bahkan rumput-rumputan sudah tumbuh di atasnya. Ular naga itu terus bergerak berkisar dengan mengibas-ngibaskan ekornya untuk menyingkirkan pepohonan yang menimpa tubuhnya. Lalu ia menuju ke sungai yang sudah meluap dan menghanyutkan diri ke hilir sungai silau, sampai ke muara sungai Asahan di Tanjung Balai.
Itulah sekelumit dongeng asal mula nama ”Kisaran”

22 Response to "Selayang Pandang Kota Kisaran"

  1. madanthio says:

    Begitnya ceritanya...

    boboho says:

    ebat kau benk cilik. selamat. ditunggu posting berikutnya. tulis ttg schedule tahunan/acara2 penting, tempat2 penting dsb. mas tom

    madanthio says:

    Kedepannya akan seperti itu bang.
    Ini kita msh Hunting Photo2 terbaru buat bahan postingan.
    Thx bang, buat masukannya.

    nice blog, jangan lupa diposting info-info pendidikan. khususnya seputar kampus di Kisaran.

    madanthio says:

    @Muis: InsyaAllah akan kita posting juga profil Perguruan Tinggi dan Universitas yang ada di Kisaran. Thx buat masukannya.

    good.... gini dah aq jadi tau jelas tentang kisaran jadinya...
    jangan lupa posting objek wisata..

    madanthio says:

    @Arry: Okey Ry, Gud aidi...thx a lot.

    RYan Shinuraz says:

    Mantaf mantaf..
    Kembangkan terus sir..

    madanthio says:

    Pak Kadis: biar lebih mantaf sumbangan laporan dan foto sangat kami harapkan. Mauliate Pak Kadis!!

    MY BLOG says:

    ada gak objek wisata kisaran???
    apa2 saja??? dan ada gak kawasan objek wiwata pantai di kisaran??
    saya kpingin tau,maklumlah saya bukan warga kisaran...

    madanthio says:

    @my blog: Kalau Objek wisata pantai Khususnya di Kota Kisaran tidak ada, karena letak geografik Kota Kisaran jauh dari pantai...
    Ada juga beberapa tempat rekreasi untuk wisata lokal yang masih di rintis di kota kisaran, dan sudah mulai di kunjungi.
    untuk lebih jelasnya nanti, tunggu aja postingan kami berikutnya...Trim's buat responnya.

    Dedy says:

    owh.....
    begitunyo crita nya...

    Anonim says:

    JAdi inget kisaran

    Anonim says:

    Klo mw dpatin crita lengkapy di mn GAN..???

    Ryan Shinuraz says:

    Tampilan Blognya sudah bisa di perbaiki bro. Kedepan aku rekomendasikan agar anda berdua yang mengelola web site Pemkab Asahan.

    Anonim says:

    itu dongengnya klo yg asli adha gx ya?????????????

    Anonim says:

    aku rindu kisaran.

    Anonim says:

    Lumayanlah...bagus

    Anonim says:

    Jadi pengen pulang ke jl.sei tanjung

    Anonim says:

    Kampungku........

    pengen tanya klo di kota kisaran utk penginapan yg bagus maksudnya yg murah tp bersih tempatnya dan dekat pusat kota soalnya bulan nov. saya mau main kekisaran.. mohon pencerahan

    madanthio says:

    @tri: ada banyak penginapan di dalam kota Kisaran seperti Hotel Bintang dan Hotel Sabty Garden. Sebelumnya maaf lama membalas komentar saudara :)

Poskan Komentar

Powered by Blogger